Rabu, 01 April 2009

Gerakan Pramuka Tetap Penting dan Relevan

Hari gini masih ke latihan pramuka? Mungkin begitu pertanyaan sebagian remaja saat melihat temannya ikut kegiatan pramuka. Cukup banyak yang menganggap bahwa pramuka kegiatannya itu-itu saja, tidak lebih dari tepuk tangan, bernyanyi, dan berkemah. Pramuka nggak penting, deh. Tapi apa betul?

Tentu saja tidak. Hal itu juga diungkapkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono selaku Pramuka Utama dan Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka. Presiden mengatakan, Gerakan Pramuka tetap penting dan relevan, dan karena itu harus ditingkatkan. Watak dan karakter bangsa yang dibangun di negeri ini bukan hanya membentuk manusia yang cerdas berpengetahuan, namun juga yang tangguh kepribadiannya dan luhur budi pekertinya.

Hal itu dikatakan Presiden ketika menjadi pembina upacara Hari Pramuka ke-46, di Lapangan Gadjah Mada, Kompleks Lemdikanas, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (14/8) pagi.

Menurut Presiden, sejak krisis melanda Tanah Air, telah terjadi penurunan bahkan kelesuan Gerakan Pramuka. Ada yang berpendapat, Gerakan Pramuka tidak penting dan hanya membuang-buang waktu. "Kegiatannya itu-itu saja, lebih baik bermain komputer agar lebih pintar. Saya katakan, itu tidak benar," kata Presiden yang hadir bersama Ibu Negara, Ani Yudhoyono.

Menurut Presiden, Gerakan Pramuka pada hakikatnya adalah bagian utuh dari pendidikan bangsa dan pembangunan nasional. Karena itu revitalisasi harus dilaksanakan dan dilanjutkan. Ada beberapa alasan, di antaranya tujuan dan sasaran Gerakan Pramuka yang sangat baik. "Gerakan Pramuka bertujuan membangun watak dan karakter remaja dan pemuda untuk menjadi tangguh dan kuat. Selain itu, juga membangun rasa cinta bangsa dan cinta Tanah Air, atau yang biasa disebut patriotisme dan nasionalisme," kata Presiden.

Pada kesempatan itu Presiden Yudhoyono berpesan kepada seluruh anggota Pramuka untuk menyelamatkan diri sendiri dari ancaman narkoba dan berbagai macam tindakan yang menjerumuskan remaja dan pemuda. Presiden juga berpesan agar Pramuka menjadi contoh berperilaku baik dan pribadi yang berbudi luhur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar